Letkol Untung yang Tak Beruntung

untung1.jpg

Judul buku      :  Siapa Memanfaatkan   Letkol Untung?

Penulis             : Endik Koeswoyo

Penerbit           : MedPress, 2007

Tebal               : 104 halaman

Sebelum pecah  Gerakan    30 September (G30S),  track record Letkol Untung  sebagai prajurit terbilang cemerlang.  Tak banyak  prajurit TNI  yang dianugerahi  Bintang Sakti sebagai penghargaan atas   keberanian dan pengabdiannya   pada negara.  Tercatat ada dua  prajurit TNI Angkatan Darat  yang disemati Bintang Sakti oleh  Presiden Soekarno, yakni Untung dan Benny Murdani. Tapi nasib    dan jalan hidup  mereka berbeda. Benny akhirnya   berhasil menjadi jenderal bintang empat dan meraih posisi tertinggi   sebagai Panglima ABRI. Sementara  Untung   hanya meraih  dua melati  di  pundaknya, dan  karirnya   tamat  akibat  keterlibatannya   dalam G30S.

Buku ini bukan memoar  atau  biografi  perwira menengah, yang sempat menjadi  Ketua Dewan Revolusi  selama beberapa hari  pada 1965, itu. Penulisnya,  Endik  Koeswoyo, mencoba  mencari jawaban   atas misteri seputar  keterlibatan Untung   dalam gerakan berdarah   di penghujung  September 1965, sekaligus menguak    siapa yang   memanfaatkan  Untung  dan meraih untung  dari kegagalan G30S.

Bukan  cuma kontroversial,   Untung juga  punya kedekatan khusus dengan dua mantan presiden, Soekarno dan Soeharto. Oleh Soekarno, dia dipercaya  menjadi pengawal presiden    dalam  Resimen Cakrabirawa, tepatnya  sebagai Komandan Batalion I/Resimen Cakrabirawa.

Sementara kedekatan  dengan Soeharto   terjalin sejak   dia menjadi anak buah  Soeharto  di Kodam Diponegoro, dan berlanjut ketika  Soeharto   menjadi Panglima Mandala.   Soeharto juga   hadir saat  Untung menikah di Kebumen  beberapa bulan  sebelum G30S meletus. Kedekatan hubungan inilah yang  kelak menimbulkan spekulasi   tentang tidak masuknya   nama Soeharto dalam  daftar jenderal  korban penculikan G30S.

Loyalitasnya kepada Soekarno  diduga  menjadi penyebab Untung   mau memimpin G30S. Itu dikarenakan dia  tidak bersimpati  kepada  Dewan Jenderal  (para jenderal yang menjadi target G30S), yang dianggapnya   sebagai  kumpulan tokoh   yang ingin   mengambil alih kekuasaan Soekarno.    Dewan Jenderal, menurut versi Untung,   adalah sekelompok perwira tinggi  yang hidup enak di atas  kesengsaraan rakyat miskin kala itu.  Dewan Jenderal juga   merupakan orang-orang  yang berhubungan dengan AS. Dengan alasan itulah   dia mengumpulkan  beberapa   perwira menengah  untuk  menghadapkan Dewan Jenderal  kepada presiden.

Namun rencana tersebut tidak berjalan mulus. Campur tangan pihak ketiga  menjadikan penjemputan   itu sebagai  sarana untuk melakukan pembantaian   dan pembunuhan.   Tidak pernah ada yang tahu siapa dalang  sesungguhnya. Namun  Untung lah yang tercatat   sebagai  pemimpin gerakan tersebut. (hal 22)

Siapa    sebenarnya  yang menjadi pihak ketiga?  Itulah yang ingin dicari  jawabannya   dalam buku ini. Berdasarkan   kesaksian Kolonel Latief, pada awalnya diputuskan   unutk menghadapkan ketujuh    jenderal kepada presiden  untuk dimintai  keterangan mengenai   masalah Dewan Jenderal.   Jadi, semula tak ada   maksud untuk  membunuh, apalagi menyiksa    para jenderal itu. Letkol Untung   ditunjuk sebagai  komandannya, sementara pelaksanaannya di lapangan dipercayakan  pada Letnan Satu  Dul Arief.

Menjelang keberangkatan  ke rumah para jenderal,   Sjam Kamaruzzaman, Ketua Biro Khusus Comite Central PKI,  orang yang dikenal oleh    Latief sebagai   “intelnya” Untung, tiba-tiba saja  ikut  dalam rombongan Dul Arief. Dari Sjam  inilah  Dul Arief mendapat perintah untuk  membawa hidup atau mati   para jenderal.

Sosok Sjam dianggap banyak pihak   sebagai tokoh yang menjadi kunci   dari G30S. Latief mengaku   baru bertemu Sjam   setelah dikenalkan   oleh Untung pada rapat-rapat   perencanaan G30S.  Kerap disebut-sebut  Sjam adalah agen ganda.  Namun masih kabur   untuk siapa dia bekerja?  Siapa yang “menyusupkannya”  ke  dalam  kelompok Untung?  Dan dari mana   perintah “hidup atau mati”  itu? (hal 63-64)

Masuknya Sjam, yang diduga  agen ganda itulah,  yang menyebabkan   terjadinya   pembunuhan   terhadap para jenderal  yang diyakini sebagai Dewan Jenderal.

  Setelah G30S gagal, Untung melarikan diri   ke Jawa Tengah.   Dia tertangkap  di Tegal pada 11 Oktober 1965, dan tak lama kemudian   dihadapkan   ke Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmillub).

Sebelum mengakhiri buku ini, Endik  Koeswoyo  memaparkan jalinan   hubungan antara   para pelaku G30S dengan Soeharto, yang ketika itu  menjabat sebagai Pangkostrad.   Letkol Untung   mantan anak buah Soeharto. Pernikahannya   dibantu oleh Soeharto. Sementara  Kolonel Latief, juga   mantan anak buah Soeharto di Yogyakarta, yang sepaham  dan sehaluan.  Latief lah yang   memberi tahu   Soeharto  pada 30 September  1965 sekitar jam 23.00 di RSPAD Gatot Subroto,  akan adanya  gerakan  penjemputan Dewan Jenderal, yang akan dimulai jam 04.00  tanggal 1 Oktober 1965.

Sedangkan Sjam Kamaruzzaman   adalah   kader Partai Sosialis di Pathuk, Yogyakarta,  sewaktu  PKI, Murba dan PSI  masih berada dalam satu wadah.   Soeharto juga  sempat menjadi salah seorang  kader. 

Buku ini    diakhiri   dengan mengutip kesaksian  mantan Wakil Perdana Menteri Subandrio seputar G30S.  Ketika sama-sama ditahan di LP Cimahi,  Untung mengaku  kepada Subandrio   tidak bekerja sendiri karena  Soeharto    mengetahui, bahkan menjanjikan  mendukung  gerakannya dengan  bantuan    pasukan.  Menurut Subandrio, Untung kerap mengatakan  bahwa tidak mungkin Soeharto    akan mengkhianatinya. Sebab dia adalah    sahabat Soeharto  dan Soeharto  mengetahui rencana G30S. (hal 102)

Buku ini akan menjadi  lebih menarik bila  disertai  dengan kesaksian  keluarga   atau  teman-teman Letkol Untung tentang sosok   kontroversial itu.  Sebab, sekalipun oleh  pemerintah orde baru dicap sebagai pemberontak, sedikit banyak  Untung berjasa kepada republik ini.  Bintang Sakti  yang dia peroleh adalah buktinya.   Namun nasibnya  tak seperti  namanya.  Hidup Untung harus  berakhir di depan  regu tembak.

Buku ini juga  menyisakan sedikit  kebingungan  bagi pembacanya  karena adanya inkonsistensi  dalam penulisan. Misalnya,  di halaman 16  disebutkan  bahwa Untung pernah menjadi Komandan Batalion (Danyon) 545/Banteng Raiders,  yang berbasis di Srondol, Semarang.  Sementara  di halaman-halaman berikutnya   ditulis sebagai Danyon 454/Banteng Raiders.

Eksekusi terhadap Untung  juga  ditulis tidak konsisten.  Pada halaman 17  ditulis Untung   dieksekusi   di Cimahi   pada tahun 1969.  Namun pada halaman 101  dikisahkan  bahwa eksekusi   itu dilakukan pada akhir 1966, di sebuah desa   di luar Kota Bandung. Hal-hal yang tidak konsisten  seperti ini harus diperbaiki   dan diedit   kembali jika buku ini kelak akan dicetak ulang.

Terbitnya buku ini   kembali mengingatkan kita    akan satu sosok  kontroversial   dalam sejarah militer Indonesia.  Dia pernah berjasa   kepada negara, loyal kepada   presiden  yang harus dia lindungi, namun   karir   dan hidupnya  berakhir dengan tragis setelah gerakan yang dia pimpin gagal.

Bukan  cuma Untung yang menjadi  pelaku G30S. Masih ada pelaku-pelaku lain yang belum ditulis secara khusus, seperti Sjam Kamaruzzaman,  Kolonel Latief dan Lettu Dul Arief.  Buku tentang Letkol  Untung ini  bisa menjadi   inspirasi   penulis-penulis lainnya   untuk menulis   sepak terjang   para pelaku lainnya, sekaligus  menguak misteri G30S  berikut   dalangnya.

                                                                                                           

                                                                                                 

Iklan

58 Komentar

  1. Berarti rencana pembunuhan dewan Jendral telah diketahui oleh Soeharto tetapi membiarkan
    pembunuhan itu terjadi berarti Soeharto ikut mengambil bahagian dalam rencana pembunuhan di
    Lobang Buanya agar tujuan Soehrato tercapai untuk menjadi RI 2 dengan surat Supersemar
    inilah permainan licik dari Jenderal RI Jawa Soeharto demi kekuasaan dan rakus kekuasaan
    Jendral yang lainnya harus dikorbankan.

    Sungguh hebat trategie Jendral wong Jowo Soeharto inilah budaya wong Jowo dalam merebut kekuasaan bangsanya harus dibantai setelah berhasil mulai keluarga cendana
    mengatur kekuasaan monopply perambokan harta negara demi kehidupan keturunan wong Jowo cendana….dan mampuslah Jenderal besar ini sudah berada dalam siksaan neraka
    karena dosanya terhadap bangsa Indonesia.

    Kehidupan Soeharto adalah cermin kebudayaan wong Jowo yang membara kehancuran dan kemiskinan bagi RI karena penipuan elite RI pusat wong Jowo yang memimpin negara ini.

    • mulutmu harimau mu suatu saat pasti akan memakan kamu sendiri ,ingat diskriminasi ,kalao bicara jangan bawa bawa suku.ingat pulau jawa adalah letak dari seluruh pemerintahan .

      • wong jowo anjeng

    • kalo ngomong diatur dulu bos, jgn asal komen aja..sebut2 suku sgala, tak doain mandul kamu…!!!!!!!!

    • Ngapunten mas menawi ngendikan tutur ipiun dijagi.. mbok mewani mboten mlebet ing penggalih ampun sesumbar …

    • komentar anda sangat rasis,tapi tidak bisa di pungkiri penguasa indonesia adalah wong jowo.

    • KALAU PUNYA BACOT JANGAN ASAL JA…..PAKAI DISKRIMINASI SEGALA….GAK USAH BAWA2 SUKU BISA MENIMBULKAN PERPECAHAN…….DASAR ORANG GAK PERNAH SEKOLAH????

    • jangan asal bicara… tutur katamu mencermikan kemampuan otakmu!!

    • CangkemMu ituloh sm Otakmu ga ada , itukan Pribadi bukan mewakuli suku .banyak orang jawa yang baik walupub banyak juga yang brengsek tapi itu cman pribadi . Wedhus sampyan . Apapun sukunya warna kulitnya, bahasanya. Indonesia Raya Bangsa dan Tumpah darahku . INDONESIA SATU

    • Kalau kamu ngomentari Soeharto pribadi silakan, tapi jangan bawa sukunya. Masih banyak orang Jawa yang baik.
      Awas ingat kamu!!!

    • SAPI !!

    • jangan bilang suku dan itu udah pribadi…..

  2. Pahlawan bangsa di jaman sebelumnya….
    dicap pemberontak oleh penguasa berikutnya…..
    keadilan belum banyak berpihak kepada kebenaran, banyak korban yang berjatuhan hanya karena tidak sejalan dengan penguasa..
    Tidak lah mungkin seorang yang hanya “letkol” bisa merencanakan untuk kudeta tanpa ada aktor dibelakang layar yang memanfaatkan situasi…. kalau memang untung hanay dimanfaatkan…. kebenaran perlu dikuak kembali….
    jangan biarkan anak cucu kita dikemudian hari menghujat seorang pahlawan bangsa yang telah berjuang dengan darahnya…hanya karena pendustaan sejarah…
    belajar dari masa lalu demi kebesaran bangsa indonesia

  3. Letkol Untung sudah jelas adalah salah satu korban rekayasa Suharto dalam manggapai ambisi politiknya di TNI AD maupun mendongkel Sukarno.Model semacam inilah yang akan dipakai oleh Suharto selanjutnya untuk menyingkirkan Jendral Mitro, Kemal Idris, Ali Murtopo, Beny Murdani dsbnya agar kekusaan yg dalam gemgamannya tidak jatuh ke orang lain, padahal orang yang disingkirkannya itu tidak mempunyai ambisi politik bahkan sangat loyal dalam menjaga kewibaan Suharto

  4. setiap manusia di dunia ini tidak pernah luput dari kesalahan, manusia tetaplah seorang manusia biasa bukan dewa yang tidak pernah melakukan kesalahan sama sekali, bukan malaikat yang selalu patuh tanpa membantah perintah. Kasus G30S/PKI merupakan kasus yang sangat kontroversial karena sampai saat inipun bukti-bukti yang mengatakan bahwa tragedi ini hanyalah trik/tipu daya orang yang ingin menggulingkan Orde lama dan mengangkat dirinya sebagai pemimpin (dengan memanfaatkan posisi serta situasi bangsa saat itu) hanyalah sebuah bukti dugaan tanpa ada bukti nyata. saya sendiri pernah membaca buku yang berjudul kudeta 1965, setelah membaca buku itupun saya bertanya-tanya, apakah materi yang disajikan di dalamnya ini obyektif atau hanya spekulasi dari penulis itu sendiri. Presiden Soeharto pun juga punya jasa dalam pembangunan negeri ini, jasa dan dharma bakti terbaik yang bisa beliau berikan harus kita hormati dan hargai, sedangkan kesalahan yang beliau lakukan dalam memimpin bangsa ini marilah kita perbaiki bersama agar kelak bangsa ini menjadi bangsa yang sejajar dengan bangsa lain, mandiri, kuat, dan disegani. demi bangsa dan negara marilah kita berjuang bersama mendharma baktika segenap kemampuan kita untuk kejayaan NKRI, jalesu bhumiyamca jayamahe

    • baca buku terbarunya john rosa, karena panggilan jiwa akademiknya sebagai sejarahwan, dengan berdasarkan bukti-bukti baik dari Indonesia maupun bukti-bukti (terlengkap) catatan-catatan kedutaan AS di Indonesia tahun2 ’65-’66, dengan pernyataan-pernyataan pejabat-pejabat AS tahun2 ’65-’66. lalu analisa sendiri, misal: UU modal asing tahun berapa? kontrak karya freeport di Indonesia tahun berapa? dlsb.
      rasanya kita tdk bisa menyimpulkan tanpa mengaitkan peristiwa satu dan lainnya.
      ya emang tugasnya presiden itu membangun, sudah tentu semua presiden itu berjasa membangun (fisik), tapi yg lebih penting membangun mental bangsa. apa kamu mau jadi orang gila tapi disediain sarana-prasarana lengkap?
      kesalahan suharto: membantai orang PKI dan ORANG YG DIDUGA SIMPATISAN PKI. saat itu kader/angota PKI 300.000 tapi yg jadi korban kok 500rb-1juta. jelas banyak salah sasaran juga.
      saya kira Muhammad SAW nggak ngajari mbantai kaya gitu, Yesus juga nggak ngajari, hanya suharto yg ngajari: pada situasi sekarang ini masih sering terjadi pembantaian spt itu trus cara-cara suharto tangani demonstran-reformasi dulu…silakan analisa berdasarkan bukti2 obyektif…

  5. kesuksesan harus diraih dengan hati yang tulus tanpa rekayasa,andaikan kesempatan ataupun peluang tinggal selangkah didepan kita (itu suatu ujian), kita tetap harus sabar dan jangan gede rumongso (ge er) karena belum tentu kesempatan atau peluang itu untuk kita. Kalau kita mengharap suatu jabatan/amanah (kita tidak sak dermo) maka kesulitanlah yang akan kita dapatkan sedangkan Alloh tempat mana yang baik bagi hambanya. Bukankah Alloh menjadikan mati dan hidup untuk mencoba bagi kita mana dari kita yang memperbaiki pada pengamalan.(QS.Mulk ayat 2)i

  6. kesuksesan harus diraih dengan hati yang tulus tanpa rekayasa,andaikan kesempatan ataupun peluang tinggal selangkah didepan kita (itu suatu ujian), kita tetap harus sabar dan jangan gede rumongso (ge er) karena belum tentu kesempatan atau peluang itu untuk kita. Kalau kita mengharap suatu jabatan/amanah (kita tidak sak dermo) maka kesulitanlah yang akan kita dapatkan sedangkan Alloh sebaik-baiknya dzat yang menempatkan pada tempat mana yang baik bagi hambanya. Bukankah Alloh menjadikan mati dan hidup untuk mencoba bagi kita mana dari kita yang memperbaiki pada pengamalan.(QS.Mulk ayat 2)i

  7. Untuk melanjutkan Buku Siapa Memanfaatkan Letkol Untung, sedang di Tulis LENYAPNYA SAKSI-SAKSI KUNCI seputar gerakan 30 September…Ada yang punya foto Sjam? Nyoto dan Nyono? Soepardjo? atau punya dokument Soeparjo? Mohon info, endik_penulis@yahoo.com

    • coba di cari di wikipedia saja bro…..tokoh kunci jelas langsung di eksekusi tanpa pengadilan dari yg saya baca silakan baca pengakuan Kol.Yashir Hadibroto
      Apakah itu menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah? 😀

  8. pandanglah ke depan. mari bekerja. bangun bangsa ini. niatkan “Rame Ing Gawe, Sepi Ing Pamrih”. mengungkit masa lalu hanya akan membuang waktu. G30S adalah lembaran hitam yg harus kita pendam dalam-dalam. Tuhan Maha Adil. semua para korban lembaran hitam itu akan dapat pengadilan di akhirat. semua amal perbuatan tergantung niat dan tujuannya. (yang tidak percaya akan adanya akhirat tidak usah baca tulisan saya) siapa yang benar, siapa yang salah, siapa dalangnya, siapa korban konspirasinya, tidak akan pernah selesai dan ketemu jawabanya sekalipun diperdebatkan bertahun-tahun. karena semua pihak, merasa benar. Suharto sudah meninggal, apa lagi mereka yang tertuduh menjadi pelaku pemberontakan G30S PKI

    • maaf semua orang tentu ingin hidup dengan ingatan lengkap. aku ngak mau jika mas laluku harus dihilangkan barang beberapa hari atau beberapa tahun. aku ingin tahu bagaimana cara orang tuaku dulu merawatku, memanjakanku bahkan memarahiku lengkap. kalau diminta melupakan sebagian masa laluku aku nggak bisa!

  9. Dari pada mengungkit-ungkit dan memutar balikkan Lembaran Hitam G30S PKI, sekalian saja menuntut kepada Jepang, Belanda, yang dengan nyata merampas isi Bumi Indonesia. Lihatlah saat ini tanpa orang seperti Soeharto. Rakyat miskin semakin sengsara. Tenaga Kerja Tak ada Harganya. Dimata Dunia Bangsa ini menjadi bahan permainan. Dulu era Soeharto, Dimata Dunia Bangsa ini disegani. Di dalam negeri, rakyatnya makmur, tenteram, tegas terhadap pelaku Kriminal. Para Buruh, tukang Becak mampu membiayai anaknya menjadi Sarjana. Soeharto adalah Salah seorang Pahlawan Bangsa. Seperti para pendahulunya, Soekarno, Sultan Agung, Teuku Umar, Pangeran Diponegoro dan lain-lainnya. Mereka Semua Pahlawan-Pahlawan yang “BERHASIL” Cuma hasilnya yg berbeda. Sebab, hasil adalah kuasa Tuhan YME. Saya Bangga dengan Soeharto. Dulu, di masa paska perang kemerdekaan, dimana eranya bisa menyingkirkan lawan Politik dengan Perang, Jenderal terbunuh adalah Resiko. Dan saat ini, era dimana HAM harus ditegakkan. Ya! Tegakkan! Itu suatu kemajuan zaman. Bagus! Biarlah Lembaran Hitam G30S PKI itu terkubur dalam-dalam. Bangun Negeri ini.

    • Bacalah dengan baik semua buku2 dan referensi sejarah. Dengan demikian bila anda memberikan pendapat anda akan berfikir lebih dalam lagi. Berapa juta manusia yang terbunuh dan terampas hak2 azazinya tanpa bisa atau berhak membela dirinya pada tahun 1965 ? Apabila anda sendiri yang mengalami siksaan2 itu, tentu bicara anda akan lain sekali.
      Apakah anda mengetahui bagaimana kejam dan tidak berperikemanusiaannya penyiksaan2 pada sesama warga Indonesia pada saat itu, hanya karena tuduhan yang membabi buta, tanpa ada dasar hukum apapun ? Membiarkan lembaran hitam berlalu begitu saja ? Sayang disayang anda tidak mengalami itu semua, tidak heran anda bicara se-olah2 itu hanya setitik debu yang titiup angin. Semoga sebelum anda sempat menghembuskan nafas anda yang terakhir didunia ini, anda akan mengalami siksaan yang perih, seperih2nya, siksaan yang tidak bisa tertahankan seumur hidup anda. Bagaimana anda mau berbicara pembangunan negara, bila sejarah dari negara anda sendiri tidak anda kuasai dengan baik ?

      • SETUJU……SEJARAH HARUS DI LURUSKAN….TERLALU BANYAK PELANGGARAN HAM DI ERA BAPAK PENJAGAL SUHARTO

    • beda dengan jaman penjajahan bos.ini bangsa dijajah dengan bangsa sendiri…jangan sempit berpikir…..lum maju,,,,indonesia ni..hutang di luar…siapa buat gawe,suharto kan..ingat jangan sampai keturunan suharto jai pemimpin.apa lagi di jadikan pahlawan dak masuk nean

    • Fakta sejarah harus ditegakkan, selama Orba kita dicekoki sejarah yang kabur. Waktu itu kita tidak tahu siapa sebenarnya Soeharto dibalik senyumanya dan tata bahasa yang morat-marit itu?
      Untuk memenuhi ambisinya, Soeharto tidak segan menyingkirkan Ahmad Yani, Sukarno sebagai atasannya.
      Saat dia berkuasa, banyak lawan politiknya dan yang melawan aturannya dibungkam seumur hidup.
      Kejam kau, Soeharto!!!

  10. Mas gue juga wong jowo tapi semua keluarga gue juga di buat sengsara oleh wong jowo keluarga Suharto dan kroni2nya yang sebagian juga non jawa. sabar aja mas, jangan menghujat hujat terus ras jawa. Ras jawa juga banyak yang jadi korban kezaliman Suharto dan kroninya, yang juga non jawa.

  11. Kalau saat skrg ini pikiran kita hnya dikotori oleh kedengkian terlebih-lebih lagi mslh sara,yakinlah bhwa hidup anda tdk akan tenang,sejarah ttp sejarah dan belajarlah dr sejarah bukan mengutuknya…

  12. sudahlah kalian jangan bertengkar menyalahkan satu dgn yg lain nya.kajian untuk kita bersikap, belajar dari sejarah.jangan sampai melakukan kesalahan2 yg pernah terjadi dalam perjalanan sejarah republik ini.cintailah dirimu, keluagamu,agamamu dan bangsa ini.

  13. Memang belum tentu yg namanya untung itu beruntung,ada 2 untung sama2 mati..untung suropati dan untung samsuri..ingat dl waktu saya msh kecil ada lagu’untung suropati munggah gunung mlenyok tai’

  14. saya sih udah tahu semua sebelum gembar-gembor suharto terlibat PKI.saya saja yang bodoh, dan rakyat kecil sudah curiga. ” yang memimpin gerakan G 30 S PKI dari angkatan Darat_yang terbunuh semua jenderal dari angkatan darat_setelah ditumpashabis PKI-nya yang berkuasa dipemerintahan masih juga angkatan darat.” padahal kita semua tahu bahwa dulu yang punya wibawa besar di tubuh TNI adalah Angkatan Udara dengan pasukan Gerak Tjepat-nya atau yang kita sering dengar yaitu PGT.tapi toh itu semua tidak bisa merubah kenyataan yang menjadikan otak PKI ternyata mampu membangun Negara Kesatuan Indonesia.Maka dari itu saya sebagai rakyat yang Mencintai tanah air ini menghimbau – jangan suka melihat dan membesar-besarkan kesalahan orang lain, tapi kita harus bisa melihat kesalahan kita sendiri. BRAVO KEMISKINAN-BRAVO KESENGSARAAN

  15. Subahannallah.Istigfar saudaraku sesama Islam,hubungan kita adalah bagaikan sedarah.Kalaupun setelah terkuak siapa dalang,Korban ,dan provokatornya ,siapa menggunakan siapa dan siapa yang mendapat manfaat dari kejadian itu semua,apakah ada yang bisa kita tindak lanjuti setelah itu,seperti mengutip tulisan diatas,!!.kalau kita mau berkata jujur dan berani menagatakan kesalahan kita sebenarnya,kita pun akan malu dan akan takut karena perbuatan kita.sedangkan kita terhadap diri kita masing2 dan terhadap saudara dan kawan kita masih belum bisa berkata yang jujur dalam hal sebenarnya.masih banyak yang bisa kita selesaikan,apakah kita sesama kita akan terus bentrok satu sama lain ,kita yang terlahir dari satu suku akan merasa bangga bahwa suku kita lebih dari suku yang lain ??? sedangkan Allah yang menciptakan telah Berfirman Untuk Menyintai Sesama yang lain.??? Anak yatim piatu di Panti Asuhan telah kering airmatanya,melihat kita yang mampu dapat memakai lebih dari satu pasang stel pakaian dan sepatu untuk merayakan Lebaran ???? sedangkan Hati Kecil mereka menangis memandang kita bersuka ria?????Ya Allah bukalah Pintu hati kami semua untuk selalu berbuat menurut kehendakMU bukan kehendak Syaithan.Lindungilah dan bimbinglah kamu yang Dhaif dan selalu berbuat kesalahan.Amin

  16. Subahannallah.Istigfar saudaraku sesama Islam,hubungan kita adalah bagaikan sedarah.Kalaupun setelah terkuak siapa dalang,Korban ,dan provokatornya ,siapa menggunakan siapa dan siapa yang mendapat manfaat dari kejadian itu semua,apakah ada yang bisa kita tindak lanjuti setelah itu,seperti mengutip tulisan diatas,!!.kalau kita mau berkata jujur dan berani menagatakan kesalahan kita sebenarnya,kita pun akan malu dan akan takut karena perbuatan kita.sedangkan kita terhadap diri kita masing2 dan terhadap saudara dan kawan kita masih belum bisa berkata yang jujur dalam hal sebenarnya.masih banyak yang bisa kita selesaikan,apakah kita sesama kita akan terus bentrok satu sama lain ,kita yang terlahir dari satu suku akan merasa bangga bahwa suku kita lebih dari suku yang lain ??? sedangkan Allah yang menciptakan telah Berfirman Untuk Menyintai Sesama yang lain.??? Anak yatim piatu di Panti Asuhan telah kering airmatanya,melihat kita yang mampu dapat memakai lebih dari satu pasang stel pakaian dan sepatu untuk merayakan Lebaran ???? sedangkan Hati Kecil mereka menangis memandang kita bersuka ria?????Ya Allah bukalah Pintu hati kami semua untuk selalu berbuat menurut kehendakMU bukan kehendak Syaithan.Lindungilah dan bimbinglah kami yang Dhaif dan selalu berbuat kesalahan.Amin

  17. HARTO EMANG BAJINGAN !!! SEKEDAR PEMBANDING ORLA DAN ORBA SAMA2 PUNYA HUTANG LN (ORLA 4 MILYAR DOLLAR =2,3 MILYAR DOLLAR UTANG LN YANG SEBAGIANNYA DEBELANJAKAN UNTUK KEPERLUAN PERTAHAN; 4 MILYAR DOLLAR HUTANG WARISAN BELANDA. ORBA 230 MILYAR DOLLAR !!!!) DAN SAMA2 BEKERJA KERAS UNTUK MEMBANGUN INDONESIA BEDANYA ADALAH:ORLA PUNYA IDE BERDIKARI ORBA PUNYA IDE BERHUTANG GILA2AN PLUS MENGERUK HABIS KEKAYAN ALAM DIMANA KEUNTUNGAN ITU HANYA MASUK KE SEGELINTIR ELIT CENDANA DAN KRONINYA..ORBA BERBANGGA DENGAN SANDANG PANGAN MURAH DAN SWASEMBADA BERAS (BUKAN PANGAN !!!) NAMUN RAKYAT TIDAK TAHU BAHWA ITU AKIBAT SUBSIDI GILA2 AN SUBSIDI DIBEBANKAN KE APBN HUTANG LN DI BEBANKAN KE APBN ! DAN BERLAKU TEMPORER (KLIMAKSNYA TAHUN 1998)….BIDANG PERTAHANAN AURI DAN ALRI DIPRETELIN SDM DAN PERALATAN TEMPURNYA (MALAH AWAL2 ADA IDE GILA DARI BEBEREPA PERWIRA AD UNTUK MENGINTEGRASIKAN AURI SECARA PENUH DI BAWAH AD !) SEDANGKAN AD DI MANJA ABISSS (KHUSUSNYA RPKAD+KOSTRAD) JADILAH AB KITA LEMAH SEPERTI SEKARANG (AMA MALINGSIA AJE CIUUT) LOGIKA SEDERHANA AD KUDETA—>AD YANG MENGANTIKAN PEMERINTAHAN SIPIL YANG SAH DENGAN KEDIKTATORAN MILITER 32 TAON (DARI MENTERI,GUBERNUR,CAMAT,LURAH SEBAGIAN BESAR DARI AD !)

    • setujuuuu……Kekuasaan Suharto berdiri di atas jutaan Nyawa Saudara sebangsa kita…..Dengan dalih menegakkan Pancasila membubarkan PKI.
      Tahukah mengapa Bung Karno tdk ingin membubarkan PKI?
      KARENA BUNG KARNO TIDAK INGIN ADA PERTUMPAHAN DARAH….TDK SEPERTI PAHLAWAN PENJAGAL KITA YANG HAUS KEKUASAAN!!!!

  18. KOREKSI HUTANG ORLA 6,3 MILYAR DOLLAR !

  19. KITA DAN ANAK CUCU KITA HARUS TAHU KEBENARAN SEJARAH.. JANGAN MALAH DI TUTUP-TUTUPI….ANDA SALAH KALAU KITA HARUS MENUTUP LEMBARAN GELAP G 30S…! KITA HARUS BUKA DENGAN TERANG APA YANG TERJADI DAN SIAPA PALAKUNYA PD PERISTIWA ITU..! “RAME ING GAWE, SEPI ING PAMRIH” ADALAH SEMBOYAN SOEHARTO UNTUK SUPAYA RAKYAT TIDAK MENGOREK-NGOREK KEKUASAANNYA..!! SAMA SEPERTI ANDA YANG MENGGUNAKAN KATA2 ITU UNTUK MENUTUPI BANGKAI…!! MASALALU YANG GELAP SAYA RASA BUKAN UNTUK MENJADI DENDAM TETAPI UNTUK MENGETAHUI KEBENARANNYA!! YANG SALAH KITA BILANG SALAH, YANG BENAR KITA HARUS BERANI BILANG BENAR!!!

    • kalau mau dibuka sekarang juga telat kayaknya gan.
      momentumnya sudah hilang, saksi-saksinya sudah banyak yang meninggal.
      kalau untuk sekedar tahu dan membersihkan nama baik korban fitnahnya nggak masalah, tapi kalau mau minta pertanggungjawaban, sudah benar-benar telat

  20. kalau PKI secara organisasi ingin melakukan kudeta pastinya bukan hanya jakarta yg berdarah..tp di seluruh indonesia yg di situ ada kader n simpatisan PKI…th 65 PKI memiliki 6 jt kader dan simpatisan….sy setuju jika peristiwa 30s di cari kebenaranya…dan kita jangan menutup mata bahwa PKI punya andil yg besar terhadap kemerdekaan indonesia…tapi dngn propaganda suharto hanya G30s yg yg mjadi senjata untuk menghujat PKI yg jelas2 bukan di lakukan oleh PKI sebagai sebuah organisasi…

  21. janganlah menuduh orang hanya karena omongan orang lain, janganlah membuat dosa semakin bertambah dengan cara memfitnah orang lain. Kebenaran adalah milik Alloh, Alloh lah yang mengetahui semuanya, Serahkan semua padaNya. sekarang marilah kita mikirin apa yang ada di negeri ini, bekerja sama mulai bangkit, membangun agar negeri ini bisa BANGKIT bukan tambah TERPURUK>>>>

    • iya Alloh mengetahui segala peristiwa, bahkan yg mengatur G30S itu.. dah selesai, nggak usah berdebat lagi

  22. yang jelas paham komunis harus lenyap di muka bumu…berapa banyak korban yang di bantai komunis di kmer merah,dan negeri negeri lainnya…dan memang itulah tingkah laku komunis yang anti tuhan.kalau pki berbuat sadis di indonesia seperti peristiwa g30s pki memang itulah kebiasaan pki dengan teori pembantaian untuk memenangkan partainya yang berpaham komunis.hati hatilah sekarang masih banyak yang berpaham komunis walau beda nama seperti marxisme,sosialis dll.jagalah diri kita dan anak kita dari paham sesat dengan pemahaman agama islam sesuai dengan alquran dal al hadist sesuai dengan pemahaman rasululloh sholallohu’alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

    • Mohon maaf saat itu PKI anak emas proklamator kita…..tapi apa iya proklamator kita berlaku seperti Rezim Pol Pot atau rezim Mao ?

  23. komentar paling atas, sangat tidak mencerminkan pribadi Indonesia yang sopan ramah serta punya tenggang rasa. Jangan meng-generalisasi dengan seenak perutmu sendiri, pastilah kau ini anggota Gerakan Aceh Merdeka! Telaso kau! NKRI harga mati!

  24. maaf saya buta politik namun apa salah nya saya juga warga indonesia yang sedang berusaha menjadi warganegara yang berguna dan warga negara yang baik,saudara ku semua kita memang dari generasi yang berbeda namun kita wajib tau akan sejarah ,akan tetapi sejarah yang sedang kita pelajari adalah sejarah yang telah banyak diselencengkan saya berpesan saja pada anda yang terlahir dengan karakter yang berbeda dan mempunyai pengetahuan politik yang lebih tolong beritahukan kepada anak cucu kita akan sejarah yang jelas jelas kita ketahui asal usul nya dan dapat dipertanggung jawab kan sehingga hal hal yang pernah terjadi seperti kejadian g 30 spki ini tidak akan terulang di negri kita ,salam damai bagi seluruh anak bangsa semoga mereka menutup rapat aib bangsa kita ,mari kita berdoa bersama semoga bangsa ini selalu dilindungi oleh alloh swt dan selalu memberi rahmat kepada bang sa ini amin amin ya robal allamin

  25. Membuka sejarah sangat jauh konteksnya dengan mengutuki, membuka sejarah itu berarti keinginan untuk mempelajari kesalahan2 agar kesalahan2 tsb JANGAN TERULANG KEMBALI di hari yg akan datang.
    Hanya orang-orang yg tidak pernah belajar (Goblok) yang mengatakan bahwa SOEHARto layak dijadikan pahlawan. Jutaan orang mati karena Soharto karena sudah banyak bukti2 nya (kalo butuh data silahkan hubungi dlion.heart@yahoo.com).
    Bukan soal jawa non jawa seseorang dapat dikatakan baik budi pekertinya namun dari tutur kata, idealisme hidup, dan caranya dalam memandang sebuah kehidupan.
    Hidup Revoulsi….Hidup Soekarnoisme

  26. Teruslah membangun dan menjadi pribadi yang jujur, transparan. Bekali diri kita dan keturunan kita dengan pengetahuan agama yang baik. Agar tidak lupa dengan Sang pemberi segalanya, tidak haus akan kekuasaan dan tamak akan harta.
    Indonesia adalah rumah kita bersama!

  27. Kesimpulan dari tulisan ini :Rencana awal, jenderal2 hanya akan dijemput untuk dihadapkan kepada presiden ( tidak untuk dibunuh). Jadi laporan Latief kepada Soeharto adalah tentang penjemputan ( Soeharto tidak perlu bereaksi). Perubahan rencana dilakukan oleh Syam yang langsung memberi perintah kepada komandan lapangan!

  28. INTINYA SIAPA MMBENARKAN G30S ITU BNAR BRRTI ANTEK PKI……POLITIK DR DLU SMP SKRANG G AD YG BRSIH BOSS.SALING JEGAL SALING MKN,,..LOE MAU UNGKAP…SILAHKAN…LOE MAU NGOMONG AP…SILAHKAN….TP KM CR BUKTI DLU……SMUA PRESIDEN INDONESIA BAEK….TP ADA BURUKNYA……SEKARANG MNURT LOE SMUA GMN KLO TUHAN AJA G DIAKUI…….BNR PA SLH TU……..PDA .SEJARAH TU KLO DAH BENGKOK,BENGKOK AJ…..JGN YG BNGKOK DLURUSIN….YG LURUS DBENGKOKIN……SKRANG WAKTUNYA KITA MMANDANG KDPAN…….KNP BANGGS INI BLM BS DTAKUTI BGSA LAEN…….

  29. cape deeeeeeehhh….

  30. orang2 sekarang jangan memutar balik fakta ! Itu betul kejadian tgl. 30 sept. 65.
    Dan fakta yg bicara !!! Kalau waktu itu PKI yg menguasai keadaan pasti TNI kita habis di bantai di jadikan budak2 mereka. Contoh kecil di desa kita ( Bumiayu ) Brebes Jawa Tengah. Kata mereka bicara ( orang2 PKI semua tentara atau anak2 & ibunya akan di jadikan satu sama babi di kandang babi) itu kenyataan aku masih hidup sekarang utk jadi saksi ok. & kebetulan orang tuaku juga militer / tentara. Jadi tahu persis, samping kanan/kiri rumahku di apit oleh guru PKI & mantri hewan PKI juga !!! Ini meluruskan sejarah bukan main2 !

  31. Ayooooo,sita harta suharto,presiden licik,kejam,antek antek CIA,CIA disponsori kapitalis yahudi,exxon,caltex,freeport.suharto membawa negara ini terlibat persekutuan dg kaum yg dilaknat Allah swt

  32. Alasan suharto membantai komunis,bukan karena PKI akan memberontak,tapi lebih pd perkara bisnis,untuk membuka pintu masuk investor asing,dimana pd faham komunis,tdk boleh ada swasta asing dlm negara,jadi rancangan undang undang penanaman modal asing,tidak bisa disahkan selama bercokol wakil rakyat di bangku MPR,ataupun DPR,mereka pasti menolak usulan pembuatan perundang undangan tersebut,untuk itu syaratnya,komunisme harus dibubarkan,dan jadilah rancangan undang undang penanaman modal asing,lalu ditanda tanganilah surat kesepakatan penjajahan bernama kontrak karya,antara Indonesia dg gerombolan kapitalis yahudi,freeport,exxon,caltex,yg bebas dari komplain.new world order,atau orde baru,adalah nama setelah era bungkarno,yg asal idenya dari gerombolan konglomerat pemuja setan,konon rockefeller termasuk anggotanya,Indonesia,bahkan dunia ini bisa gawat jika kekayaan alam Indonesia dikuasai golongan yg percaya membunuh itu berpahala(baca kitab talmud,milik yahudi)disitu disebutkan ayat,yg menerangkan,jika hanya yahudi yg manusia,selain yahudi adalah binatang.pertumbuhannya harus diminimalkan.talmud mendoktrin yahudi agar rajin mengupayakan terjadinya pembunuhan massal,atas manusia selain yahudi,kok negara kita mau mendanai?uranium papua kita biarkan diumpetin freeport?kalau suatu saat nanti dikembalikan dlm keadaan tlh jadi nuklir gmn?demi ajaran talmud

  33. No comment

  34. omomng opo ….do ra mutu

  35. ribut x klen, gw mau tdr ne..

  36. mohon maaf tapi menurut saya sebagai bangsa indonesia mendiang HM Soeharto lebih cocok di beri gelar Pahlawan Genosida dari Indonesia…..Apakah saudara tahu berapa banyak saudara sebangsa yg di bekerja di bawah underbow PKI bunuh secara masal dengan dalih menegakkan Pancasila? 500.000 nyawa saudara setanah air kita melayang…Demi satu Kekuasaan Jendral Soeharto dan mohon maaf kita semua harus berdasar pada bukti dan fakta.

    Semua Jendral Pahlawan Revolusi yg gugur pernah berseberangan dengan Suharto. Masih ingat jaman SD kita di nina bobokan dengan cerita penyiksaan dengan silet di lubang buaya? Hello?
    Menurut hasil otopsi semua tewas karena tembakan tdk ada luka sayat banyak kalaupun ada itu mungkin akibat berbenturan saat di lempar ke dalam sumur wartawan asing yg meliput akhirnya di haramkan masuk ke indonesia oleh sang Penjagal

    Ingat sejarah harus di luruskan!!

    NB: untuk yg rasialis di atas anda belumlah pantas jadi warga indonesia yg bermatabat….ingat “Bhineka Tunggal Ika”

    Salam Demokrasi


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s